Kuliner Ekstrim Di Jogja yang Harus Dicicipi

Kuliner Ekstrim Di Jogja yang Harus Dicicipi


Paket Wisata di Jogja – Selain memiliki banyak sekali tempat wisata yang mempesona banyak wisatawan, Jogja juga kaya akan kuliner. Mungkin wisatawan selama ini hanya tahu kuliner khas Jogja seperti gudeg dan bakpia. Padahal masih banyak lagi kuliner yang ada di kawasan ini. Kuliner yang ada di Jogja pun beraneka ragam mulai dari yang standar hingga kuliner yang aneh-aneh alias ekstrim. Bagi mereka yang menyukai kegiatan kuliner tentu harus mencoba kuliner ekstrim ini. Berikut kami jelaskan secara singkat tentang kuliner-kuliner Jogja yang aneh, unik namun nikmat.

  1.       Belalang Goreng

Makanan khas Jogja yang sedang populer adalah belalang goreng. Makanan ini berasal dari Kawasan Gunung Kidul yang terkenal dengan hutan pohon jatinya yang luas dan lebat. Belalang yang digoreng merupakan belalang pohon jati yang ukurannya cukup besar. Bagi warga sekitar, hewan ini dimanfaatkan sebagai lauk pauk mereka. Walau banyak yang geli saat melihatnya namun banyak sekali wisatawan yang menyukai makanan ini. Terbukti dari tingginya permintaan makanan ini di Gunung Kidul. Terdapat berbagai macam varian rasa dari belalang goreng ini antara lain rasa original, rasa manis, rasa pedas, dan rasa pedas manis. Untuk mengolahnya cukup gampang, belalang yang telah ditangkap kemudian dibersihkan kotorannya. Setelah bersih maka belalang tersebut digoreng dengan menggunakan bumbu sederhana seperti bawang putih,  ketumbar dan bawang. Jika ingin rasa panas tinggal ditambahkan cabe ke dalam penggorengan.

  1.       Oseng-oseng Mercon

Kuliner ekstrim berikutnya adalah oseng-oseng mercon. Makanan ini merupakan kesukaan wisatawan yang menyukai masakan pedas. Oseng-oseng adalah istilah untuk makanan Dinamai mercon karena rasanya yang sangat pedas dan siap meledak di setiap mulut pengunjung yang merasakannya. Warung oseng-oseng mercon yang terkenal adalah Warung Yu Narni yang berada di Kota Jogja. Bahan utama dari masakan ini adalah kikil, gajih, daging sapi, dan cabe rawit. Untuk menikmatinya cukup sederhana cukup dengan nasi putih dan segelas teh hangat makan kegiatan makan pun terasa sangat nikmat.

  1.       Kepompong Goreng

Kuliner ekstrim lainnya adalah kepompong goreng. Sama seperti belalang goreng, kuliner ini juga berasal dari Gunung Kidul. Kepompong akan banyak muncul saat awal musim hujan yang berasal dari dedaunan pohon jati. Oleh warga sekitar hama yang satu ini pun akhirnya diambil dan kemudian diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa yang nikmat. Cara memasaknya pun sederhana mirip dengan belalang goreng.

Demikian penjelasan dari kami tentang mengenai kuliner ekstrim yang ada di Jogja. Tentu masih banyak lagi makan-makanan ekstrim lainnya. Semoga tulisan diatas bisa menambah informasi mengenai kuliner yang ada di Jogja dan siapa tahu Anda ingin merasakannya saat menikmati paket wisata di Jogja.